Klop



Jangan pakai itu, Cinta! Kamu tidak akan menjadi Kartini hanya dengan memakai konstum Kartini! Ayo, jadi diri kamu saja! Kartini itu konsep, bukan aksesori. (Kartini, Halaman 55)
Sekian judul narasi yang tersaji dalam buku setebal 233 halaman karya Putu Wijaya ini sangat menarik buat Saya. Membacanya membuat mata Saya berbinar. Salah satu di antaranya, adalah tulisan tentang Kartini, sanggul, kebaya dan segala aksesorisnya. Saya juga pernah menulis tentang ini (sila baca di sini).

Ada yang terlupakan oleh bangsa Indonesia. Saya yakin sekali ini bukan karena kita tidak tahu atau tidak mampu untuk mencari tahu. Saya kira ini hanya sedikit kemalasan. Lihatlah betapa belakangan ini begitu terasa seragamanya negeri ini.

Kita lupa, bahwa kita adalah manusia.

0 comments:

Post a Comment